Jumat, 07 Januari 2011

Perpustakaan Mastrip Jombang

Jombang Fajar Nusantara
 Jika anda bermaksud untuk mengunjungi perpustakaan tak usah bingung, kunjungi saja perpustakaan Mastrip Jombang. Karena letaknya di dalam kota yang mudah di jangkau dan mudah untuk menemukannya.
Sekilas tak banyak yang berubah dari Mastrip yang berlokasi di Jalan. Dr. Sutomo No. 19 Jombang, perubahan yang kentara dari Perpustakaan Daerah Kab.Jombang ini hanya pada jam buka yang lebih lama hingga pukul 20.00 WIB. Namun dibalik itu semua ternyata perubahan besar – besaran sudah digagas oleh Perpustakaan yang kini sudah menerapkan system komputerisasi tersebut.

System pendaftaran anggota baru sudah tertata dengan baik dengan system layaknya pembuatan kartu SIM (Surat Ijin Mengemudi). Anggota yang baru mengajukan permohonan langsung foto ditempat dan langsung memiliki kartu keanggotaan . Inisialisasi identitas anggota pun tak serumit saat masih menggunakan sistem manual atau tulis tangan. Saat ini keanggotaan dapat diakses di komputer dengan barcode yang tertera di kartu anggota. Untuk mengecek daftar atau catalog buku pun tinggal searching di komputer.
Perubahan sistem komputerisasi ini hanya sebagian kecil dari perubahan yang ada. Mastrip kini memiliki layanan internet gratis di lantai 2 dengan 5 CPU. Disamping pengunjung dapat mengakses internet secara gratis, kini bagi penikmat film juga dapat menikmati pemutaran berbagai film di Mastrip.
Imam Pudjianto,SH MSi Kepala Arsip, PDE,dan Perpustakaan Kab.Jombang menegaskan pihaknya memang sudah merencanakan Mastrip sebagai perpustakaan yang bisa berbicara di tingkat provinsi. “Hanya perpus kita yang saat ini punya terobosan seperti ini, kalau di tingkat Jatim mungkin hanya Malang saingan kita, untuk pemutaran film-film pendidikan sebelumnya kita agendakan Rabu dan Sabtu namun sekarang setiap hari akan kita putar karena ada fasilitas Home Theater” tegasnya.
Masih menurut Imam, ini merupakan langkah awal untuk membuat masyarakat dan pengunjung Mastrip nyaman membaca di perpustakaan.Karena saat ini keanggotaannya sudah lebih dari tiga ribu anggota. “Jumlah pengunjung kita meningkat drastis, ini tandanya mereka sudah nyaman membaca di dalam. Hal ini terlihat dari data kunjungan yang setiap harinya terus meningkat” tambahnya.(bud/top)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang