Sabtu, 09 April 2011

TIPS HINDARI MARAH PADA ANAK

    Kalau marah maka ubahlah posisi, bila masih marah berbaringlah, ambil wudhu dan minta perlindungan Allah SWT sambil mengucapkan lafadz taawudz 'Audzubillahimisysyaithaan nirrajim.'

    Saat hendak marah, tarik nafas panjang, tenangkan diri. Tinggalkan ruangan, masuk kamar, atau apalah untuk membantu menenangkan perasaan.
    Jangan 'menyerang' anak dengan kata 'kamu', misalnya nih "Kamu kok gak pernah belajar bersihkan rumah sih!" atau "Aduh...kok kamu gak pernah bisa bangun pagi?" Biasanya kalau mengucapkan kata-kata ini, mata tanpa sadar melotot seperti mas koki, nafaspun tersengal-sengal. Yang lebih baik adalah dengan menggunakan kata 'saya', misalnya nih, "Ibu gak suka lho, kalau kamu buang sampah sembarangan" atau "Sayang, ibu kecewa kalau kamu bangunnya selalu siang" Ini akan mengurangi rasa sakit hati anak.
    Bila terlalu marah untuk berbicara, tahanlah! Kalau anak sudah dapat membaca, maka ekspresikan perasaan dengan menulis, karena selembar kertas dan sebatang pena dapat membantu mengontrol emosi. Artinya,'menulis tidak hanya untuk mengikat ilmu' lho, tapi juga untuk 'mengikat emosi.' :-)
    Ketika anak membuat marah, jelaskanlah mengapa kita kecewa kepada mereka. Jangan menyebut-nyebut kesalahannya yang lampau, karena anak bingung, gak mengerti penyebab kemarahan ayah dan ibunya.
    Bila terlanjur marah, imbangilah dengan pelukan hangat dan kata maaf. Jangan sok gengsi wibawa akan turun karena melakukan hal itu, karena kita pun selaku orangtua bisa melakukan kesalah sewaktu-waktu.
    Saat kemarahan ingin meledak, coba deh menghadap ke cermin. Lihat betapa 'cantiknya' wajah kita saat itu. Mudah-mudahan kita pun tak ingin anak yang kita cintai melihat ekspresi kita saat itu.
    Evaluasi, kenapa kita marah. Jangan sampai kita marah karena masalah kita sendiri? Jangan lampiaskan kekecewaan kita dengan orang lain lain atau masalah lain terhadap anak kita. (abt/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang