Kamis, 10 Juni 2010

KAB. NGANJUK JADI PERCONTOHAN PEMBENIHAN BAWANG MERAH

Nganjuk - Fajar Nusantara,
Komunikasi yang baik dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan ( Disperta ) Kabupaten Nganjuk dengan gabungan kelompok tani (Gapoktan ) telah melahirkan suatu prestasi yang menggembirakan yang membuat kabupaten Nganjuk menjadi cukup ternama dan dikenal oleh daerah Kabupaten lain.
Dalam program Penyuluh Pertanian ( PP Swakarsa )kelompok tani Ngudi Luhung yang ada di dusun Ngreco, Desa Sukorejo sudah berkali - kali kedatangan tamu dari kelompok tani dari luar Nganjuk yang ingin belajar banyak tentang bawang merah.
Seperti pada Akhir bulan Mei belum lama ini, setidaknya ada 6 (enam)  kelompok tani dari berbagai labupaten seperti Kabupaten Kediri, Trenggalek, Tulung Agung, Tuban, Jombang dan Ponorogo datang untuk belajar soal menanam bawang merah mulai dari proses pembenihan, penanaman, penanganan hama penyakit hingga masa panen. Selama 3 (tiga) hari rombongan dari berbagai kabupaten lain itu belajar lebih banyak dengan difasilitasi dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk serta didampingi oleh tim pembimbing dari BLPP Balonggebang. Dari 6 kabupaten tersebut masing - masing kabupaten mengirim 10 orang.
Ketua Kelompok tani Ngudi Luhung, Akat, saat disambangi Fajar Nusantara baru-baru ini dirumahnya, mengaku hampir setiap bulan selalu ada tim atau kelompok tani dari Kabupaten lain yang datang untuk menimba ilmu soal Bawang merah. '' mereka ingin belajar terutama soal proses pembenihan Bawang merah dan cara pengendalian terhadap serangan hama penyakit, sebab mereka mengaku kwalitas benih dan tehnik pengendalian hama yang dimiliki  Kabupaten Nganjuk memang bagus dan berbeda.'' ujar Akat yang juga menjabat sebagai wakil ketua dari sebuah asosiasi bawang merah tingkat nasional pada Fajar Nusantara.
Sementara itu Ir Kusno Harianto MMA, Kabid Pengendalian dan Penyuluhan Dinas Pertanian Nganjuk mengaku cukup bangga dengan prestasi kelompok tani Ngudi Luhung tersebut, namun demikian, Kusno berharap agar para kelompok tani yang ada di Kabupaten Nganjuk untuk terus mengembangkan diri agar terus dan tetap bahkan semakin maju dan berprestasi. Selain itu, menurut Kusno, kegiatan PP Swakarsa memang adalah suatu wadah yang tepat bagi para kelompok tani untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan diri. Suatu kelompok tani bisa saling bertukar pengetahuan dan saling belajar. Bukan saja antar kelompok tani di satu wilayah kabupaten, tetapi bisa dari atau ke kabupaten lain. (hen/dito)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang