Kamis, 10 Juni 2010

Laksanakan PPIP Berbasis Partisipasi Masyarakat

Jombang Fajar Nusantara
Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP ) tahun ini kembali digulirkan  di Kabupaten Jombang. Sosialisasinya telah disampaikan kepada para Camat dan Kasi PMD, Kepala Desa, Ketua BPD, LPMD dari 21 kecamatan yang diselenggarakan pada (26/5) di Ruang Bung Tomo Kantor Pemkab jombang. Sosialisasi tersebut dibuka oleh Bupati Jombang.
Kepala Dinas PU Cipta Karya Tata Ruang Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Jombang Ir. Sucipto Msi menyampaikan bahwa tujuan dari sosialisasi tersebut diharapkan peserta memahami  subtansi program, yang akhirnya muncul persepsi yang sama dan memiliki wacana penerapan model pembangunan partisipatif selain itu juga diharapkan mengetahui peran dan fungsi masing-masing pelaksana dalam menjalankan program PPIP.
Adapun sasaran lokasi program PPIP ini akan dilaksanakan di 10 kecamatan. Antara lain 6 desa di Ngusikan, 3 desa di Bandar Kedungmulyo, 3 desa di Megaluh, 3 desa di Ploso, dan untuk  Mojowarno, Bareng, Kesamben, Kabuh, Jombang dan Ngoro masing-masing hanya 1 desa.

Dari 21 desa yang mendapat program tersebut 5 lokasi diantaranya statusnya adalah SKPA (Surat Keputusan Pengguna Anggaran) Departemen Dirjen PU Ciptakarya.. “Artinya program tersebut pendanaanya tidak dari DIPA - PPIP melainkan melalui SKPA”, tutur Ir. Sucipto Msi
Lima lokasi dengan status SKPA tersebut adalah desa Bareng kecamatan Bareng, desa Jabon kecamatan Jombang, desa Manduro  kecamatan Kabuh, desa Jatiduwur kecamatan Kesamben dan Rejoagung kecamatan Mojowarno
 Melalui program ini Drs. H. Suyanto MMA, Bupati Jombang berharap agar benar-benar dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat dan  dilakukan sesuai dengan tahapan yang ditentukan dan tetap berbasis pada partisipatif masyarakat. “Saya minta program ini benar-benar digunakan untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat dan benar-benar bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat”, tutur BupatiSuyanto.
Ditekankan oleh Bupati Suyanto agar pelaksanaan program ini dilakukan berbasis partisipasi masyarakat. “Lalui tahapan pelaksanaan kegiatan ini dengan rembug desa meski sudah ada tahapan perencanaan desa, bangunlah infrastruktur yang menjadi prioritas masyarakat, dan pada tahap pelaksanaannya gunakan tenaga kerja dari lingkungan sekitar dan jangan  meninggalkan kearifan lokal yakni kerja bakti gotong royong, gugur gunung, selalu libatkan masyarakat dalam pelaksanaanya”, tegas Bupati Suyanto.
Diungkapkan oleh Bupati Suyanto bahwa dana PPIP Kabupaten Jombang tahun 2010 sebesar Rp. 6.250.000.000,-. “Dengan demikian masing-masing desa akan menerima dana PPIP sebesar Rp. 250.000.000,- hanya untuk infrastruktur”, tuturnya
Dalam sosialisasi tersebut hadir pula tim pelaksana PPIP Provinsi, Indri dan W. Kris selaku Konsultan Manajement Kabupaten. Mereka memberikan penjelasan Pelaksanaan Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan serta penjelasan umum Tahapan Pelaksanaan Program Pembangunan Infrastrustur Perdesaan 2010.(top)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang