Selasa, 13 Juli 2010

GEBYAR PEKAN BUDAYA DAN PARIWISATA KABUPATEN KEDIRI

Kediri Fajar Nusantara
 Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri merupakan kegiatan tahunan yang di selenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Kediri melalui sektor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Dan pada tahun 2010 ini Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri mengangkat tema “ Kediri Bhumi Panji, Merajut Nusantara”, dengan memfokuskan pada budaya panji sebagai wujut kearifan lokal masyarakat Kediri pada khususnya serta masyarakat Jawa Timur pada umumnya.

Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri tahun 2010 merupakan pesta seni, budaya, dan pariwisata masyarakat Kediri beserta Pemerintah Kabupaten Kediri dalam rangka pengembangan seni budayaa dan pariwisata Kabupaten Kediri yang di kemas dalam satu rangkaian kegiatan. Dan pelaksanaan kegiatan ini di selenggarakan selama (lima) hari dan 5 malam, di mulai pada tanggal 29 Juni 2010 hingga 3 Juli 2010 dan parade budaya Kabupaten Kediri 2010 dibuka Bupati Sutrisno. Pembukaan parade budaya yang dikemas karnaval budaya ini diawali tari kolosal bertema Panji. Prosesi dan pemberangkatan peserta dimulai pukul 14.00 dari depan kantor pemkab Jalan Soekarno - Hatta menuju Simpang Lima Gumul (SLG). Dilanjutkan pemberangkatan pawai mobil hias.
Kegiatan ini di ikuti oleh seniman dan organisasi seni se Kabupaten Kediri serta di meriahkan oleh Duta kesenian dari luar daerah Kediri bahkan dari luar provinsi Jawa Timur.
Pawai mobil hias akan diikuti 23 peserta. Di antaranya 12 peserta dari instansi pemerintah dan 11 peserta dari perusahaan swasta. Adapun pameran dan aneka industri ke-VI di SLG akan dibuka oleh Ketua PKK Kabupaten Kediri Hj. Haryanti Sutrisno.
Pameran dibuka setelah parade budaya dan pawai mobil hias digelar. Berbagai produk unggulan dipamerkan. Peserta pameran dari instansi pemerintah di lingkup Pemkab Kediri serta instansi yang menangani kebudayaan dan pariwisata di wilayah Jatim dan juga perusahaan-perusahaan swasta, pelaku industri pariwisata se-Jatim.
Usai parade budaya dan pawai mobil hias, malamnya pukul 19.00, dibuka pameran pariwisata dan aneka industri. Pameran dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri yang juga bupati terpilih 2010-2015, Hj Haryanti Sutrisno di area monumen SLG.
Panitia dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri menyiapkan 100 stan pameran. Berbagai produk unggulan dipamerkan di sana. Peserta pameran berasal dari instansi pemerintah di lingkup Pemkab Kediri serta instansi yang menangani kebudayaan dan pariwisata di wilayah Jatim. Juga perusahaan-perusahaan swasta, pelaku industri pariwisata se-Jatim.
Untuk menghibur para pengunjung, berbagai jenis kesenian ditampilkan di arena pameran SLG. Para pengunjung dapat menyaksikan berbagai pertunjukan kesenian di tiga panggung yang telah disiapkan panitia.
Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri Mudjianto, pekan budaya dan pariwisata diharapkan mampu membangun sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku industri di tingkat lokal Kediri maupun regional Jatim.
“Juga untuk meningkatkan kreativitas, apresiasi dan manajemen pergelaran bagi seniman dan budayawan Kabupaten Kediri. Juga untuk mengenalkan kekayaan seni budaya dan pariwisata daerah serta produk unggulan pada masyarakat luas," ungkap Mudjianto. (dim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang