Selasa, 13 Juli 2010

PEKAN BUDAYA DAN PARIWISATA KAB. KEDIRI

22 Juni 2010 14.00 to 3 July 2010 21.00 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Kediri menggelar pekan budaya dan pariwisata di kompleks Simpang Lima Gumul (SLG) dengan tema “KEDIRI BHUMI PANJI MERAJUT NUSANTARA” , Pekan Budaya dan Pariwisata ini merupakan pesta seni budaya dan pariwisata masyarakat Kediri. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan seni, budaya dan pariwisata Kab. Kediri. Pekan budaya dan pariwisata dimulai 29 Juni hingga 3 Juli 2010.

Pekan budaya ini juga dimeriahkan oleh pada duta kesenian dari luar Kab. Kediri. Seperti Blitar, Nganjuk, Tulungagung, Jombang, Mojokerto, Malang, Solo, Jember, Banyuwangi, Bojonegoro, Sampang, Pamekasan dan Pacitan. Hadir juga duta seni dari Kab. Jembrana, Bali, masih ada lagipeserta dari bantul, Cirebon, dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Rombongan duta seni asal Solo Raya akan menampilakn berbagai karya seni batik yang dikemas secara apik. Karya-karya batik yang akan ditampilkan pada acara parade Budaya Kab. Kediri 2010 telah beberapa kali dipentaskan di berbagai event nasional hingga internasional.

Rangkaian acara :
Parade budaya pawai mobil hias pameran pariwisata dan aneka industri parade budaya.
Parade budaya yang dikemas karnaval budaya ini diikuti lebih seribu peserta. Peserta parade budaya merupakan seniman dan organisasi seni se-Kab. Kediri. Parade budaya dibuka oleh Bupati Kediri Sutrisno pukul 14.00.
Parade budaya dimulai dari halaman kantor Pemkab. Kediri dan finis diarea monument SLG. Supaya suasana parade budaya lebih meriah, disepanjang jalan Soekarno-Hatta hingga SLG digelar beberapa pentas. Kesenian khas di lima tempat berbeda diantaranya kesenian jaranan dan reog.
Pawai mobil hias
Pawai moil hias akan diikuti 23 peserta diantaranya 12 peserta dari instansi pemerintah dan 11 peserta dari perusahaan swasta. Adapun pameran dan aneka industri ke VI di SLG akan dibuka oleh ketua PKK Kab.Kediri Hj. Haryanti Sutrisno. Pameran dibuka setelah parade budaya dan pawai mobil hias digelar.
Pameran pariwisata dan aneka industri berbagai produk unggulan dipamerkan. Peserta pameran dari instansi pemerintah di lengkup Pemkab. Kediri serta instansi yang menangani kebudayaan dan pariwisata di wilayah Jatim juga perusahaan-perusahaan swasta pelaku industri periswisata se-Jatim. Selama lima hari, berbagai jenis kesenian di arena pameran di SLG.
Bahkan event ini sangat dinantikan dalam setiap tahun. Agar tak terlewatkan setiap momentnya. Kerja keras yang dilakukan pemerintah Kab.Kediri melalui mading Dinas Kebudayan dan Pariwisata bersama masyarakat berbuah manis. Pekan budaya dan pariwisata merupakan salah satu aktivitas rutin yang digelar setiap tahun. Event ini pun mampu tumbuh jadi salah satu ikon seni budaya tanah air.
Pekan budaya dan periwisata Kab. Kediri 2010 merupakan rangkaian pesta seni, budaya dan pariwisata masyarakat Kediri beserta pemerintah Kab. Kediri dalam rangka pengembangan seni budaya dan pariwisata Kab. Kediri yang dikemas dalam satu rangkaian kegiatan.
Menurut kepala dinas Disbudpar Kab. Kediri Drs. Mudjianto MM. menjelaskan kegiatan pekan budaya dan pariwisata Kab. Kediri ini diharapkanmampu mengembangkan sinergitas antara Pemerintah, masyarakat dan palaku industri baik tingkat lokal Kab. Kediri maupun regional Jawa Timur meningkatakan kreativitas, apresiasi, dan manajemen pagelaran bagi para seniman, budayawan Kab. Kediri juga untuk memperkenalkan kebudayaan seni budaya dan pariwisata daerah serta produk unggulan kepada masyarakat lokal, regional dan nasional ”imbuhnya”
Parade budaya merupakan kegiatan eksibishi kesenian yang dikemas dalam bentuk karnaval budaya khas sesuai dengan tema acara, bermaksud memfokuskan pada budaya Panji sebagai wujud kearifan lokal masyarakat Kediri pada khususnya, serta masyarakat Jawa Timur pada umumnya. (dim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang