Senin, 18 Oktober 2010

Dana Rp12 Miliar Untuk Renovasi Fasilitas Umum Makam Gus Dur

Jakarta - Fajar Nusantara,Pemerintah menggeluarkan anggaran Rp 12 miliar untuk tahap pertama perbaikan fasilitas umum di sekitar makam Gusdur di kompleks makam Ponpes Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.  "Perbaikan ini dengan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum," kata Sekretaris Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Indroyono di Kantor Wakil Presiden, Selasa (21/9).     Menurut Indroyono, pemerintah akan memprioritaskan penyediaan fasilitas umum di sekitar makam. Misalnya, toilet, pelebaran jalan dan toko sovenir. Pemerintah akan mulai melaksanakan perbaikan pada tiga bulan ke depan. Anggarannya berasal dari  pemerintah pusat, pemerintah provinsi Jawa Timur dan pemerintah Kabupaten Jombang. "Usulannya sih ada Rp 180 miliar ada juga yang mengusulkan Rp 200 miliar," ujarnya.
Karena lokasi makam berdekatan dengan pondok pesantren Tebu Ireng, kata Indroyono, kehadiran peziarah bisa mengganggu aktivitas para santri.  Makam Gusdur biasanya dikunjungi tidak kurang dari tiga  ribu peziarah. Kalau fasilitas umum tidak diperbaikin dikhawatirkan menggung proses belajar mengajar di Pesantren Tebu Ireng. Sebenarnya, lanjut Indroyono, pihak keluarga Gusdur mintanya makamnya biasa saja, tidak diperlu ada renovasi. "Mereka minta yang diurus itu luar-luarnya seperti jalan dan sebagainya dan itu sebenarnya sarana umum yang menjadi tugas pemerintah," katanya. "Jadi, itu  bukan perbaikan makam Gus Dur, melainkan merapikan kawasan wisata religi," katanya.
Gus Dur wafat 30 Desember 2009 lalu akibat  penyakit komplikasi yang dideritanya di RSCM, Jakarta. Kyai NU ini  dimakamkan dalam satu kompleks dengan ayah, KH Wahid Hasyim dan kakek, KH Hasyim Ashary pendiri Nadlatul Ulama (Tmp.i/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang