Senin, 13 Desember 2010

Penghargaan Kabupaten Peduli Hutan Tingkat Nasional

 Jombang-Fajar Nusantara,
Berbicara tentang konservasi hutan pada dasarnya tidaklah mengherankan, karena persepsi yang sering muncul selalu dihubungkan dengan bahaya banjir, tanah longsor, kekurangan air, kebakaran hutan yang mengakibatkan asap dan lain sebagainya. Padahal pentingnya hutan yang merupakan simbul ekosistem yang komplek, karena peranan fungsi dalam mengendalikan dan menyimpan air. Untuk mewujudkan ekosistem hutan, maka perlu dijaga dengan ketat atas keutuhan dan kelestariannya, agar tidak terganggu dari berbagai ancaman-ancamannya, hingga terciptanya kenyamanan lingkungan hidup.

Kabupaten Jombang melalui bupatinya, Drs. H. Suyanto MMA., terus mendukung gerakan melestarikan hutan yang terdapat di Indonesia guna terciptanya kondisi bumi yang lebih baik serta demi kelangsungan hidup semua makhluk di dalamnya melalui gerakan Indonesia Rainforest Movement. Perubahan iklim yang semakin ekstrim membuat pemerintah dan masyarakat kian peduli lingkungan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk turut serta mencegah dampak pemanasan global.  Merehabilitasi dan melestarikan hutan adalah salah satunya. Merehabilitasi hutan, dengan cara adopsi pohon, seperti yang dilakukan baru-baru ini melalui program OBIT (Penanaman Satu Milyar Pohon) di sekitar Embung Kepuhrejo Kecamatan Kudu.
Dalam rangka memotivasi dan meningkatkan kepedulian / komitmen masyarakat dan aparat pemerintah Kabupaten dalam pembangunan kehutanan, maka melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : SK.459/MENHUT-II/2010, telah diputuskan penerima penghargaan Kabupaten dan Kota peduli kehutanan pada Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Wana Lestari Tahun 2010. Pada kesempatan tersebut Kabupaten Jombang mendapatkan penghargaan Peringkat II Nasional dari 22 Kabupaten/Kota terpilih sebagai Kabupaten Peduli Kehutanan. Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Jombang, Drs. H. Suyanto MMA, dari Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, bertempat di Kantor Kementerian Kehutanan Jakarta pada Kamis, 2 Desember 2010.
Lebih lanjut, Drs. H. Suyanto, MMA, mengatakan bahwa perlu membangkitkan kembali rasa kepedulian masyarakat baik yang hidup di daerah perkotaan maupun yang hidup di daerah sekitar hutan lindung itu sendiri, untuk bersama-sama menjaga dan memperbaiki kondisi hutan lindung di Indonesia agar tercipta suatu lingkungan yang sehat dan nyaman untuk ditinggali saat ini dan di masa yang akan datang.Bud/top/H)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang