Senin, 13 Desember 2010

WARGA DS.MANCON-ANTISIPASI DAN MANFAATKAN PERUBAHAN CUACA EKSTRIM


Nganjuk - Fajar Nusantara,
Warga Desa Mancon, Kecamatan Wilangan, memiliki cara tersendiri dalam menghadapi dan memanfaatkan cuaca ekstrim yang muncul baru-baru ini.  Warga yang juga tergabung dalam Kelompok tani melakukan penanaman padi serentak atau secara bersamaan pada musim tanam 2010 - 2011 ini. Pada acara yang dihadiri dan disaksikan oleh rombongan Bupati Nganjuk, Taufiqurahman serta rombongan dari Dinas Pertanian Nganjuk itu, warga nampak bersemangat dan sangat antusias dengan raut muka yang kelihatan berseri-seri..
Saat ditemui terpisah, Kepala Desa Mancon, M.Toha, menuturkan, selain dipersiapkan secara khusus untuk mengantisipasi dan menghadapi cuaca ekstrim, kegiatan tanam serentak yang dilakukan secara bersama ini juga disatu sisi bisa memupuk dan menumbuh kembangkan semangat kebersamaan dan guyub rukun yang merupakan chiri khas dari masyarakat kita. Selain itu, masih lanjut M.Toha, pada musim tanam kali ini, warga bisa memperoleh tiga kali panen.padahal, pada musim -musim biasa hanya bisa dua kali panen. Hal ini tentu akan bisa meningkatkan pendapatan warga dan juga sekaligus memperkuat ketersediaan pangan.
Sementara itu, Kepala bidang pengendalian dan penyuluhan dari Dinas pertanian, Tanaman pangan dan Perkebunan (DISPERTA) Kab. Nganjuk, Ir.Kusno Harianto MMA, mengaku pihaknya siap untuk melakukan pendampingan terhadap warga dalam menghadapi berbagai kemungkinan permasalahan pada tanaman padi, sehingga dengan demikian, diharapkan tingkat keberhasilan warga pada musim panen mendatang akan semakin terjamin. Disamping itu, upaya - upaya pendekatan juga akan dilakukan secara intensif untuk menekan potensi terjadinya kerusakan tanaman akibat serangan hama penyakit. Jelas Ir Kusno saat bincang-bincang dengan Fajar Nusantara, belum lama ini (S.tino/tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang