Jumat, 07 Januari 2011

Tahun Baru 2011, Jaringan Selular Aman

Fajar Nusantara
 Jelang pergantian tahun tiga hari lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau agar para penyelenggara telekomunikasi melakukan antisipasi khusus terhadap kemungkinan terjadinya lonjakan trafik telekomunikasi pada tanggal 31 Desember 2010.
PT Telkom, dalam keterangan resminya, menegaskan bahwa Telkom mempersiapkan secara khusus layanan TelkomFlexi, yakni berupa peningkatan kualitas sinyal di lokasi wisata dan pusat-pusat kunjungan melalui penambahan repeater dan mobile BTS.
Di samping itu, perusahaan BUMN itu juga menyediakan kapasitas SMS yang mampu melayani 14,8 juta SMS per jam serta peningkatan bandwidth internet 3,2 Gbps untuk melayani penggunan layanan data FlexiNet yang terus meningkat.
"Demikian pula dengan anak perusahaannya PT Telkomsel yang juga telah menyiapkan seluruh elemen jaringan, termasuk ketersediaan jangkauan layanan, BTS, MSC, BSC, kapasitas inteligent network, kapasitas SMSC, kapasitas layanan BlackBerry, dan jaringan 3G/HSDPA/HSPA+," kata Gatot S Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Senin 3 Januari 2010.
Berikut ini data yang dilaporkan oleh PT Telkomsel pada Kemenkominfo:
- trafik layanan suara naik sebesar 10 persen dibandingkan hari biasa di tahun 2010.
- trafik layanan SMS mengalami kenaikan sebesar 24,45 persen ketimbang hari-hari biasa di tahun 2010.
- trafik layanan MMS meningkat sebesar 72,52 persen dibandingkan hari-hari biasa, dan kenaikan ini khususnya akibat pengiriman ucapan selamat tahun baru dengan image atau foto.
- trafik layanan komunikasi data melalui Telkomflash mengalami penurunan sebesar 23,46 persen.
"Hal ini menunjukkan bahwa pelanggan lebih banyak mengakses data melalui handphone atau mobil device, karena selama masa liburan tahun baru banyak pelanggan yang bepergian, sehingga lebih praktis mengakses data via telefon selulernya," kata VP Corporate Account Management Telkomsel, Aulia E Marinto, di Jakarta.
Sedangkan, layanan Blackberry Telkomsel mengalami penurunan trafik sebesar 8,28 persen. Demikian juga halnya dengan link internet, trafiknya menurun 27,89 persen.
Sementara itu, berdasarkan laporan dari penyelenggara telekomunikasi dan dikroscek dengan hasil monitoring Kemenkominfo, maka data trafik telekomunikasi yang dilaporkan oleh PT Indosat adalah sebagai berikut:
- SMS mencapai 714 juta SMS (naik 165 persen dibanding tahun baru sebelumnya). Kenaikan trafik tertinggi di wilayah Jawa Timur dan Sulawesi, Maluku dan Papua.
- Pengiriman data mencapai 18,73 terrabyte.
- Layanan suara mencapai 355 juta menit (naik 123 persen dibandingkan pergantian tahun baru sebelumnya). Trafik layanan suara tertinggi terjadi di Sumatera Bagian Selatan, Jawa Timur, dan Jabodetabek.
Sedangkan data yang dilaporkan oleh PT XL Axiata adalah sebagai berikut:
- Trafik layanan suara meningkat tiga persen, dari rata-rata sebanyak 600 juta menit di hari normal.
- trafik layanan teks naik sebenyak 16 persen dari 650 juta SMS di hari biasa.
- Trafik layanan data tercatat naik empat persen dibandingkan 17 terabytes di hari biasa.
"Akibat kenaikan trafik tersebut, maka diketahui layanan suara naik menjadi 617 juta menit, layanan SMS naik menjadi 755 juta SMS, dan layanan komunikasi data/GPRS naik menjadi 17,6 terabytes," kata Febriati Nadira, Head of Corporate Communication XL.
"Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan sekaligus sikap apresiasi terhadap upaya maksimal yang telah dilakukan para penyelenggara telekomunikasi sehingga layanan telekomunikasi di saat pergantian tahun 2010 ke tahun baru 2011 berlangsung secara cukup baik," ujar Gatot.
Namun, dia mengatakan, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan untuk menjadi upaya perbaikan di masa mendatang.
Untuk layanan suara, successful call ratio yang seharusnya dicapai oleh hampir seluruh penyelenggara telekomunikasi masih belum sepenuhnya memuaskan. "Ada kecenderungan setiap pengguna layanan masih harus men-dial minimal dua kali untuk dapat terhubung dengan nomor tujuan. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan terus-menerus," terang Gatot.
Sementara untuk SMS, tingkat keberhasilan pengiriman sudah cukup baik dan merata di hampir seluruh penyelenggara telekomunikasi.
Untuk layanan komunikasi data (internet). Meskipun tidak sampai menimbulkan kondisi gangguan layanan, namun mulai pada sekitar dua jam menjelang tengah malam pergantian tahun baru hingga dua jam setelah tahun baru, kecepatan untuk mengakses layanan internet terkendala. "Kecepatannya agak berkurang dan cukup banyak dikeluhkan oleh sejumlah pengguna layanan ke Kementerian Kominfo," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang