Sabtu, 09 April 2011

Merawat Pakaian Putih Agar Tidak Kusam

Kadang kita agak tidak percaya diri ketika kita memakai baju atau pakaian berwarna putih, apalagi ketika teman kita juga memakai baju dengan warna yang sama. Mata orang lain tak luput dari perhatian dan membanding-bandingkan warna putih yang kita pakai, putih mana?
Hmm.. Merawat baju putih itu tergolong susah-susah gampang. Warna putih tergolong warna yang rentan pudar, kekuning-kuningan alias mbladhus dan rentan terkena kotoran, perlu ada trik-trik khusus agar warna putih tetap awet dan kelihatan putih cemerlang.
* Jika Anda mencuci, pisahkan pakaian berwarna putih dengan warna lainnya. Hal ini untuk menghindarkan lunturnya dari pakaian lain. Walaupun pakaian-pakaian Anda ada jaminan tidak akan luntur, tapi tetap saja kotoran air bekas cucian akan meninggalkan kesan keruh pada pakaian putih Anda/
* Pakaian putih berbahan lembut sebaiknya dicuci dengan sabun lembut yang banyak dijual untuk delicate cloth. Tapi sebaiknya pakaian putih tidak direndam dalam sabun, cukuplah dengan pemutih yang sudah banyak dijual di pasar.

* Jika pakaian putih Anda sudah terlanjur berwarna mbladhus alias kekuning-kuningan, maka yang perlu dilakukan adalah rendam pakaian Anda ke dalam air yang sudah dicampuri dengan pemutih untuk beberapa menit. Kemudian rendam kembali pakaian Anda ke dalam air hangat yang telah diberi deterjen.
* Pakaian cukuplah dikucek dengan lembut, jangan disikat yang terlalu keras, selain merusak kain, warna putih nantinya akan mudah pudar.
* Saat menjemur pakaian Anda, lebih baik dengan kondisi terbalik dan digantung agar terhindar dari lipatan atau noda yang sulit dihilangkan.
* Saat menyetrika, jangan mewakai pewangi yang berwarna.
Dan saat menyimpannya di lemari, jangan dilipat, lebih baik digantung dan dipisahkan dari pakaian lain. Gantunglah pakaian Anda dengan pelapis pelindung yang berbahan kain tipis untuk melindunginya dari rentan kotoran debu dan sebagainya. Jangan dengan plastik karena justru memacu warna putih Anda menjadi kekuning-kuningan. (abt/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang