Sabtu, 09 April 2011

Semester II 2010 Terjadi 272 Kasus korupsi, Kerugian Rp 1,5 Triliun

Jakarta – Fajar Nusantara,
Korupsi di Indonesia ternyata masih masih meraja-rela. Bahkan selama semester II 2010 (Juli-Desember) ditemukan 272 kasus korupsi yang terjadi di level pusat maupun daerah. Potensi kerugian negara yang timbul lebih Rp 1,5 triliun.

"Sedangkan aktor yang sudah ditetapkan menjadi tersangka 716 orang, dari 272 kasus tersebut," ujar kordinator investigasi dan informasi publik ICW Agus Sunaryanto dalam jumpa pers 'Trend Penindakan Korupsi Semester II 2010' di kantor ICW, Jl Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Rabu (23/2).
Agus juga membandingkan trend penindakan korupsi Semester II tersebut dengan semester I di tahun yang sama. Dari segi kasus dan tersangka di semester II mengalami peningkatan.
Pada semester I aparat penegak hukum mampu mengungkap 176 kasus dengan 441 tersangka, sedangkan semester II mengalami kenaikan 272 kasus dengan 716 tersangka.
"Tapi jumlah kerugian negara yang ditimbulkan mengalami penurunan. Di semester I, potensi kerugian negara Rp 2.1 triliun, sedangkan semester II ini hanya Rp 1,5 triliun," terangnya.
ICW juga membandingkan sektor korupsi di semester I dengan semester II 2010. Di semester I, sektor yang paling banyak terjadi korupsi adalah sektor keuangan daerah, dengan 38 kasus. Sedangkan di semester II sektor yang paling banyak adalah infrastruktur dengan 53 kasus.
“Sedangkan di semester I aktor yang paling banyak jadi tersangka adalah komisaris atau direktur perusahaan swasta, yakni 61 tersangka. Di semester II yang paling banyak jadi tersangka adalah pegawai staf Pemda dengan 86 tersangka," katanya.(Dtc/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang