Kamis, 10 Juni 2010

Pengumuman Hasil Sensus Tunggu Perbaikan

Blitar Fajar Nusantara
 Hasil sensus penduduk yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Blitar hingga akhir Mei 2010 kemarin, melalui 273 petugas sensus menunjukkan pertumbuhan penduduk tiap tahun, mulai tahun 2000 hingga 2010, sekitar 1 %.

Mohamad Sarjan, Kepala BPS Kota Blitar saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan, saat ini secara detail jumlah penduduk di Kota Blitar hasil sensus penduduk belum bisa disampaikan ke publik, karena masih dilakukan perbaikan data hingga 15 Juni mendatang. Sebab saat ini sejumlah daerah terutama yang ada di kota-kota besar, proses sensus penduduk belum selesai sehingga secara nasional proses sensus penduduk diperpanjang hingga 15 Juni 2010.
Namun demikian, jika dibandingkan dengan angka jumlah penduduk dari hasil pendataan penduduk tahun 1990 ke tahun 2000 dari 118.933 jika menjadi 119.372 jiwa atau hanya mengalami kenaikan 439 jiwa, kenaikan jumlah penduduk dari tahun 2000 ke tahun 2010 ini lebih banyak, dengan usia tertua 96 tahun dari pengakuan sebelumnya 111 tahun.
Sejumlah kesulitan dalam proses pendataan dikeluhkan sejumlah petugas sensus, satu diantaranya Ahmad Sukarno, petugas sensus di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Kadang warga yang didatangi saat proses pendataan tidak ada, selain itu proses sensus yang bersamaan dengan pemilukada menyulitkan petugas mendata, karena dikira tim sukses yang akan membagi-bagikan uang pada penduduk.
Sementara itu menurut rencana, pasca kroscek data hingga 15 Juni mendatang, BPS Kota Blitar akan menyerahkan hasilnya langsung ke BPS pusat, yang hanya bisa diketahui data jumlah penduduk laki-laki dan perempuan secara nasional, yang diumumkan melalui pidato Presiden pada tanggal 16 Agustus 2010 mendatang.(dim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang