Kamis, 10 Juni 2010

Peringati Lahirnya Pancasila Dengan Upacara Budaya

Blitar Fajar Nusantara
Sudah menjadi agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Blitar bersama dewan kesenian menggelar upacara Grebeg Pancasila setiap tanggal 1 Juni. Begitu juga pada tahun 2010 ini dimana telah digelar upacara budaya Grebeg Pancasila di Aloon-aloon Kota Blitar pada hari Selasa 1 Juni 2010, dengan pembina upacara Walikota Blitar Drs. Djarot Syaiful Hidayat, MS.

Drs. Pratignyo Yitno Sutomo, MPd, ketua dewan kesenian Kota Blitar saat dikonfirmasi menuturkan, ada beberapa manfaat dari event tahunan ini. Selain peringatan hari lahirnya Pancasila, Grebeg Pancasila juga merupakan wahana untuk nguri-nguri budaya. Apalagi dalam prosesinya melibatkan para budayawan dan pelajar. Sehingga diharapkan mereka dapat lebih memahami Pancasila dan budaya-budaya yang perlu dilestarikan. Lebih lanjut, pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar ini menambahkan, dalam rangkaian kegiatan ini juga diisi dengan kenduri Pancasila yang disertai dengan doa-doa.
Baik untuk arwah Ir Soekarno dan harapan agar Pancasila tetap langgeng sebagai dasar negara Republik Indonesia, serta kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat terus meningkat.
Hal senada juga disampaikan oleh Drs. Kasmiadi, Kepala Dinas Kominparda Kota Blitar. Menurutnya, dengan adanya upacara budaya Grebeg Pancasila kali ini tidak hanya dirasakan kemeriahan dalam gebyarnya saja, namun juga makna dari Pancasila itu sendiri, yang bisa dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan upacara tradisional ini pula diharapkan berimbas pada keberadaan pariwisata di Kota Blitar, yang mengarah pada ikon wisata kebangsaan.
Sementara itu, Walikota Blitar Drs. Djarot Syaiful Hidayat, MS, berharap, prosesi Grebeg Pancasila mampu meluruskan sejarah kepada anak-anak khususnya pelajar. Berdasarkan fakta sejarah, 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila. Event ini juga sebagai daya tarik wisatawan yang datang ke Kota Blitar. Walikota juga berpesan agar upacara budaya ini tidak dikait-kaitkan dengan politik.(dim/top)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang