Selasa, 13 Juli 2010

Selamat Tinggal Hari-Hari Gila!

Stress karena terlalu sibuk belum tentu penyebabnya pekerjaan dan kegiatan, mungkin justru Anda sendirilah penyebabnya.
Setiap hari rasanya begitu kacau dan tidak teratur. Anda berangkat di jam yang tidak tentu dan hampir selalu terlambat. Begitu pula dengan jam makan, jam pulang kerja dan jam tidur Anda, semuanya serba tidak teratur. Suatu kali, Anda menyadari bahwa minggu ini Anda harus melakukan banyak hal dan beberapa di antaranya berbenturan dengan jadwal kegiatan lainnya. Anda juga baru ingat memiliki janji pada seorang teman untuk mengadopsi anak anjingnya. Bahkan karpet Anda yang sejak 2 bulan lalu tergulung untuk di-laundry tidak juga Anda bawa ke tempat laundry. Betapa kacau hari-hari Anda!

Keadaan seperti ini membuat Anda tanpa sadar menjadi orang yang suka melalaikan janji, berbohong dan biasanya jadwal yang tidak karuan membuat Anda tidak punya waktu lagi untuk menata penampilan dan rumah Anda dengan baik. Hasilnya, penampilan yang tidak karuan, stress dan penyakit akan dengan mudah menghinggapi Anda. Jangan menunggu lebih lama lagi, Anda harus mengambil kendali atas hari-hari dan kehidupan Anda!

Ambil waktu sejenak. Walaupun semua hal rasanya mendesak Anda untuk bergerak cepat dan tidak mengenal kata 'sebentar', luangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri. Satu hari yang bebas tugas rasanya cukup bagi Anda untuk menghentikan segala kekacauan dan menatanya kembali.

Buat list. Untuk berbagai kegiatan dan permasalahan yang harus Anda tangani, Anda membutuhkan alur yang jelas. Mana yang harus diutamakan dan mana yang sebenarnya tidak terlalu penting dan bisa ditunda. Dari daftar itu Anda bisa menyusun rencana harian, mingguan bahkan bulanan apa saja yang menuntut untuk dikerjakan. Tidak perlu terlalu mendetail dalam menuliskannya, cukup tuliskan poin-poinnya saja.

Fokus. Memiliki kemampuan multitasking membuat Anda ingin mengerjakan banyak hal sekaligus, namun dalam kondisi yang sudah kacau-balau Anda harus menghentikan kebiasaan ini. Biasakan mengerjakan pekerjaan satu per satu dan fokus pada apa yang Anda kerjakan.

Seleksi Ajakan. Anda yang terbiasa menyanggupi tiap tawaran kegiatan yang datang, tentu akan selalu dihubungi oleh rekan-rekan Anda. Jangan lupa untuk selektif terhadap tawaran dan jangan takut untuk mengatakan tidak. Hidup dan waktu Anda tidak bisa digantikan oleh apa pun, karena itu gunakanlah dengan baik.

Rutinitas. Untuk jadwal Anda yang kacau, tidak ada lagi cara untuk mengembalikan keteraturan hidup Anda selain menetapkan rutinitas untuk kegiatan Anda. Tentukan hari dan jam yang sama untuk kegiatan yang Anda lakukan secara periodik. Misalnya, belanja tiap Rabu sore dan aktivitas dengan teman hanya pada hari Jumat dan Sabtu malam. (wo/miw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang