Selasa, 09 November 2010

KPK: Integritas Layanan Kepolisian dan Kemenkum HAM Rendah

Jakarta-fajar Nusantara,
KPK rutin melakukan survei integritas berbagai unit layanan instansi pemerintahan setiap tahun. Sudah dua tahun berturut-turut, skor pelayanan di Kepolisian dan Kemenkum HAM rendah."Yang skor rendah dari tahun kemarin dan tetap hingga sekarang adalah Kepolisian dan Kemekum HAM," ujar Wakil Ketua KPK M Jasin di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (1/11).

Survei integritas terbaru ini dilakukan KPK terhadap 353 unit layanan yang tersebar di 23 instansi pusat, 6 instansi vertikal dan 22 pemkot. Sebanyak 12.616 responden diwawancarai oleh KPK sejak bulan April-Agustus 2010. Responden adalah orang yang merasakan langsung pelayanan publik dalam setahun terakhir.
Standar minimal integritas yang ditetapkan KPK untuk tahun ini adalah 6,0. Jika di bawah itu, instansi yang bersangkutan dinyatakan tidak baik integritasnya.Di instansi pusat, layanan Lembaga Permasyarakat mendapat sorotan oleh KPK karena skornya berada di bawah 6. Sedangkan di instansi vertikal, instansi pusat yang mempunyai unit layanan di kota, layanan penerbitan paspor Kemenkum HAM mendapat skor di bawah 6.
Untuk kepolisian adalah layanan pembuatan SKCK dan SIM. Survei ini, lanjut Jasin, diadakan untuk membantu perbaikan instansi yang dimaksud. Jasin berharap instansi yang mendapat skor di bawah 6 mau untuk segera memperbaiki sistem yang belum berjalan baik.
“Untuk membantu instansi perbaiki layanan yang masih rendah atau masih terdapat tindak korupsi," tegas Jasin dalam sebuah kesempatan wawancara dengan wartawan .(MH/Dtc.N)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang