Sabtu, 14 Januari 2012

Gumpalan Lava Pijar Mengendap Terlihat di Puncak Semeru

Lumajang - Fajar Nusantara,
Petugas pengamat Gunung Semeru di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, melaporkan adanya gumpalan lava pijar yang mengendap di bibir kawah Semeru.
Hasil pantauan itu dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, belum lama ini. Dalam laporannya, api diam atau gumpalan lava pijar terpantau dari PGA Gunung Sawur sejak Minggu (8/1/2012) sekitar pukul 20.00 WIB.
Dengan terpantaunya gumpalan lava pijar itu, petugas vulkanologi mengimbau masyarakat yang tinggal di kaki gunung berketinggian 3.676 di atas permukaan laut (mdpl) ini untuk meningkatkan kewaspadaan.
"Memang ada api diam yang teramati sejak 3 hari terakhir," ujar Ketua BPBD Kabupaten Lumajang Rochani kepada wartawan.
Dengan hasil pengamatan itu, kata Rochani, BPBD Kabupaten Lumajang secara intensif melakukan komunikasi dengan pihak petugas vulkanologi di Pos PGA Gunung Sawur. Dari komunikasi itu, petugas vulkanologi merekomendasikan agar warga meningkatkan kewaspadaan terkait dengan bencana Gunung Semeru.
"Koordinasi dengan lintas instansi telah kami lakukan. Jika memerlukan tindakan pengungsian, setidaknya warga sudah tahu mengungsi kemana. Sebab, sejak awal memang untuk warga kaki Semeru sudah tahu protapnya melalui berbagai simulasi yang telah digelar dengan kerjasama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) maupun BPBD Jawa Timur," beber Rochani lagi.
Sementara, dari informasi yang dihimpun detiksurabaya.com, dari Pos PGA di Gunung Sawur menyebutkan, satu pekan terakhir ini terjadi peningkatan guguran material vulkanik Gunung Semeru.
Material vulkanik tersebut merupakan deposit dari aktivitas berupa letusan dan hembusan dari kawah Jonggring Seloka. Selain terjadi sejumlah guguran material vulkanik, beberapa kali sempat tercatat dalam seismograf adanya gempa vulkanik dangkal. Kendati demikian, status aktifitas Gunung Semeru tetap di level waspada.(bdh/bdh/abd/*dtc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang