Sabtu, 14 Januari 2012

Mendikbud Target Ujicoba Mobil Esemka Selesai Tahun Ini

Pacitan - Fajar Nusantara,
Maraknya inovasi siswa SMK di sejumlah wilayah di tanah air menciptakan mobil mendapat perhatian serius pemerintah. Kemendikbud menargetkan ujicoba terhadap mobil Esemka selesai tahun ini.
"Harapannya, pada tahun 2013 nanti rintisan komersialisasinya dapat segera dimulai," kata Mendikbud M Nuh saat kunjungan kerja di Kabupaten Pacitan,
Selain itu, persiapan lain yang harus dilakukan meliputi beberapa pengujian. Antara lain meliputi ketahanan komponen serta uji sistem secara keseluruhan.
“Termasuk diantaranya uji emisi gas buang," katanya.
Untuk uji komponen, lanjut M Nuh, tiap bagian harus lolos sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).
Selain itu, untuk dapat dikomersialkan, fabrikasinya harus lebih dulu disiapkan. Dalam hal ini, dibutuhkan kerjasama dengan pihak ketiga.
"Kan nggak mungkin sudah masuk komersialisasi tapi produksinya hanya satu-satu," tandasnya.
Tentang kekhawatiran sejumlah pihak terhadap kemungkinan intervensi dari produk buatan luar negeri, M Nuh mengungkapkan, kuncinya adalah kesadaran dari masyarakat maupun jajaran pemerintahan untuk menggunakan buatan sendiri. Sebab, tanpa pangsa pasar yang jelas, produk ini dipastikan tidak akan dapat berkembang.
"Kita ingin punya kebanggan sendiri yang dihasilkan anak-anak bangsa," imbuhnya.
Sebagai langkah awal, Kementerian P & K akan menginstruksikan agar instansi di jajarannya menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan operasional. Tentunya setelah melewati fase ujicoba.
"Sebagai bentuk apresiasi, sepatutnya jika berbagai pihak ikut mendorong berkembangnya mobil Esemka," pungkas Mendikbud.  (fat/fat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang