Sabtu, 14 Januari 2012

900 perusahaan di Kabupaten Malang bermasalah limbah

Malang-Fajar Nusantara,
 Sedikitnya 900 perusahaan besar dan kecil yang beroperasi di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, tidak mengelola limbahnya dengan benar, sehingga terancam dijatuhi sanksi oleh Badan Lingkungan Hidup.
Kepala BLH Kabupaten Malang Cholis Bidajati, Senin, mengakui, dari 1.300 perusahaan yang ada di daerah itu, sekitar 900 di antaranya tidak mengelola limbahnya secara benar dan rata-rata limbah industrinya dibuang ke sungai.
"Hasil dari verifikasi yang kami lakukan di lapangan, sekitar 900 perusahaan membuang limbahnya ke sungai atau tempat-tempat lain tanpa proses pengelolaan yang benar," tegasnya.
Jika musim hujan, katanya, akan kelihatan sekali karena air sungai yang meluap dengan mudah memperlihatkan kalau air tersebut sudah tercampur dengan limbah.
Cholis mengemukakan, rata-rata perusahaan yang tidak mengelola limbahnya dengan benar itu tidak memiliki Upaya Pemantauan Lingkungan (IPL) dan Upaya Kelola Lingkungan (UKL).
Artinya, lanjut Cholis, perusahaan tersebut tidak mengurus dokumen pengelolaan air limbah atau analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan penertiban.
"Mulai tahun ini kami mulai melakukan langkah penertiban dengan memberikan teguran tertulis yang selanjutnya berupa sanksi sesuai UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup," katanya. (/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang