Sabtu, 14 Januari 2012

40 Kabupaten Penghasil Garam 'Kecipratan' Rp 107 Miliar

Jakarta - Fajar Nusantara,
 Pemerintah lewat Ditjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan mengalokasikan dana Rp 107 miliar untuk program pemberdayaan usaha garam (Pugar) di 2012. Ini untuk meningkatkan produksi garam dalam negeri.
"Dana Pugar Rp 107 miliar tersebut akan disebar ke 40 kabupaten yang memiliki potensi garam. Jumlah kabupatennya sama dengan tahun lalu, namun ada beberapa yang off karena sumber daya manusia dan potensinya kurang dan diganti kabupaten yang baru," ujar Dirjen KP3K, Sudirman Saad, di kantornya, Jakarta, Senin (9/1/2012).
Menurut Sudirman, dana tersebut nantinya akan digunakan 28 ribu petani garam untuk menggarap 16.000 hektar lahan garam di 40 kabupaten.
"Nantinya diharapkan dari 16.000 haktar tersebut target makronya dapat menghasilkan 80 ton garam/hektar," ujarnya.
Selain itu, kata Sudirman, dalam dana Pugar tersebut juga akan memberikan dana kepada koperasi-koperasi untuk mendirikan gudang penyimpanan dan penampungan garam rakyat.
"Di 2012 ini kita tidak lagi bermain di hulu yakni kaitannya dengan peningkatan produksi saja, tapi juga akan masuk di sektor hilir juga yakni di pengolahan garam, seperti pemberian dana ke koperasi untuk bangun gudang garam rakyat, nanti kita beli dari rakyat sehingga harga garam dari petani mendapatkan posisi harga yang bagus," jelasnya.
Selain itu, KP3K juga akan melakukan pembinaan industri pengolahan garam skala rakyat kepada petani.
"Nantinya ada unit-unit pengolahan ikan yang bisa menggunakan garam rakyat. Minimal ada 5 unit di tiap 40 kabupaten yang ditunjuk dalam alokasi dana Pugar tadi," tandasnya. (dnl/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN KOMENTAR KRITIK DAN SARAN ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

FAJAR NUSANTARA Copyright © 2010 tim-redaksi is Designed by abud_talang